Bukalapak Pasarkan Produk Lokal Ke Luar Negri Dengan BukaGlobal


Ajinursalam.web.id - Marketplace karya anak bangsa ini selalu menelurkan inovasi-inovasi baru untuk berkembangan ekonomi Indonesia.

Selama ini, barang-barang yang dijual di Bukalapak hanya bisa dibeli oleh pelanggan yang berada di Indonesia. Kini, Bukalapak menerobos batasan tersebut dengan membuka kesempatan bagi konsumen di luar Indonesia untuk belanja di Bukalapak melalui fitur BukaGlobal.

Apa Itu BukaGlobal dari BukaLapak?

BukaGlobal merupakan fitur terbaru yang memungkinkan pengguna dari luar Indonesia untuk belanja online di Bukalapak.

Pada peluncuran perdana, fitur BukaGlobal tersedia untuk jasa pengiriman ke negara-negara berikut ini: Malaysia, Singapura, Brunei Darussalam, Hong Kong, dan Taiwan.

Layanan BukaGlobal milik Bukalapak belum mendukung pengiriman dari luar ke dalam negeri alias impor.

Namun, jasa pengiriman BukaGlobal ini untuk sementara hanya bisa diaktifkan oleh pelapak terpilih di Jakarta dan Tangerang. “Jasa pengiriman BukaGlobal hanya berlaku satu arah dari Indonesia ke luar negeri. Layanan ini belum mendukung pengiriman dari luar ke dalam negeri alias impor,” demikian dikutip dari situs resmi Bukalapak, akhir pekan lalu (10/5).

Untuk bisa menggunakan layanan BukaGlobal ini, metode pembayaran yang tersedia adalah kartu kredit, kartu debit, dan collection point yang disediakan oleh local remittance agent. Pembayaran transaksi juga menggunakan mata uang rupiah.

Pembeli dapat mengakses fitur BukaGlobal melalui deretan menu di halaman utama Bukalapak. Lalu, pembeli dapat memilih negara yang akan menjadi tujuan pengiriman barang. 

Shopee Juga Berencana Akan Melakukan Penjualan Ke Luar Negri

Selain Bukalapak, Shopee tengah mengembangkan layanan ekspor lewat program Kreasi Nusantara dari Lokal untuk Global. Shoppe menargetkan bisa mengekspor 5 ribu produk buatan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ke Malaysia dan Singapura pada tahun ini.

Shopee bakal memilih 10 dari sekitar 50 ribu mitra penjual untuk menjalankan program ini. Kriterianya, mitra tersebut harus memproduksi barang sendiri atau bukan reseller. Shopee juga akan mengkaji kualitas produk dan kesiapan mitra memproduksi barang. Selain itu, riwayat transaksi mitra penjual harus baik.

Layanan ekspor seperti ini lebih dulu dikembangkan oleh Lazada sejak 2017. Lazada mulai mengekspor produk Indonesia ke Malaysia dan Singapura pada Mei 2018. Selain itu, Lazada berencana mengekspor produk lokal ke Filipina, Thailand dan Vietnam.