Tips Cerdas Memilih Nama Domain Yang Tepat Untuk Alamat Website


Ajinursalam.web.id - Sahabat blogger sering kali kita mendengar kata domain di kalangan orang-orang yang suka dengan IT dan sering kita melihat kata domain di internet baik di website ataupun di media social. Lalu apa itu domin ?

Apa Itu Domain ?

Masih bingung dengan istilah domain?
Domain adalah sebuah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet.

Nama domain berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet pada saat melakukan akses ke server, selain itu juga di pakai untuk mengingat nama server yang di kunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang dikenal sebagai alamat IP.

Nama domain ini juga dikenal sebagai sehuah kesatuan dari sebuah situs web seperti contohnya "ajinursalam.web.id". Nama domain kadang disebut pula istilah URL atau alamat website.

Baca Membuat Blog Di Blogger Lewat Hp

Tips Memilih Nama Domain Yang Tepat

Memilih nama domain yang tepat sangatlah penting saat akan membangun sebuah blog atau website, layaknya seperti mencari sebuah nama brand untuk sebuah perusahaan yang akan kita bangun.

Kita harus benar-benar tepat dan tidak asal-asalan membuat nama domain, berikut beberapa tips untuk memilih sebuah nama domain yang tepat:

1. Jangan Memakai Domain Gratis

Kami sarankan untuk tidak memakai domain gratisan. Sring kali bagi blogger pemula banyak yang memakai domain gratisan dan itu wajar karena dalam proses belajar, adapun karena tidak mempunyai bajed untuk membeli sebuah nama domain yang propesional.

Namun ada kekurangan jika kita memakai domain gratis, biasanya layanan yang memberikan domain gratis ada persyaratan tertentu yang akan mengakibatkan kita tidak dapat mengakses domain yang kita buatKurang propesional bagi kita yang akan membangun website onlineshop ataupun website bisnis lainnya.

2. Domain Sesuai Dengan Nama Atau Bisnis Anda

Nama domain harus sesuai dengan bisnis yang akan kita bangun, misalnya kita akan membangun sebuah website untuk toko online baju. Kita harus membuat nama domain sesuai tujuan bisnis baju, contohnya baju.com, jualbaju.com, tokobaju.com.

Untuk blog atau website pribadi kita menggunakan nama domain dari nama kita sendiri seperti blog saya ini dengan alamat domain ajinursalam.web.id.

Artikel lain : Cara-Mudah Mengganti Template Blogger

3. Pilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Pilih nama domain yang mudah diingat, mudah diucapkan dan tidak rumit. Pilih nama domain yang pendek untuk mempermudah orang lain mengingatnya ketika ingin kembali mengunjungi website anda.

4. Menggunakan Top Level Domain (TLD) dan ccTLD

Sebaiknya anda menggunakan domain yang berekstensi (TLD) seperti dot com, dot net dll. Atau yang berekstensi ccLTD seperti dot ID, dot WEB.ID, dot CO.ID, dot OR.ID dan dot SCH.ID. Domain yang berekstensi tersebut sudah terkenal dan mudah diingat oleh orang lain.

5. Hindari Nama Domain Yang Dilarang

Sebaiknya anda menghindari nama domain yang dilarang seperti SARA dan PORN karena akan merusak anda sendiri. Dan bila terindeks oleh mensin pencari seperti Google, tim google akan menghapusnya dari data pencarian. Berikut juga di media social nama domain anda akan di hapus dan tidak akan terindeks.

6. Jangan Memakai Domain Merek Dagang Perusahaan Lain

Sebaiknya anda jangan menggunakan nama domain merek dagang perusahaan lain seperti facebook.com lalu anda membuat facebook.id, bukan tidak mungkin anda akan dituntut oleh perusahaan tersebut.

7. Beli Domain Dari Layanan Terpercaya

Terakhir beli domain dari layanan penyedia domain terpercaya yang sudah terkenal dan banyak di percayai oleh pelanggannya. Seperti Namechamp, godaddy dan lainnya. Untuk layanan lokal seperti :

Saya sendiri menggunakan layanan domain lokal untuk domain website ini, yaitu memakai idcloudhost.com harga lebih murah dan dari segi pelayanan teknis lebih cepat. Untuk membeli domain dari Idcloudhost silahkan Klik Disini.

Itulah tips cerdas memilih nama domain yang tepat untuk alamat website, semoga bermanfaat.

Baca juga : Mencari Niche Yang Tepat Sebelum Membuat Blog